Penyebab Susah Tidur

Banyak hal yang menyebabkan seseorang terkadang susah tidur di malam hari bahkan sampai mengalami insomnia.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab susah tidur :

1. Insomnia

Insomnia terjadi karena adanya faktor kebiasaan tidur larut malam atau menjelang pagi. Menurut ahli saraf dan psikiater Dr. Yan-Go, bisa disebabkan faktor eksternal dan internal.

2. Sleep apnea

Perasaan yang masih mengantuk dikarenakan tidur terlalu malam sehingga waktu dan kualitas tidur berkurang. Hal ini dapat menyebabkan mudah marah, mudah sedih, raut wajah pucat, mata bengkak, mudah lupa dan sakit kepala. Jika anda mengalami gejala atau ciri yang disebutkan kemungkinan anda mengalami sleep apnea. Sleep apnea merupakan gangguan pernapasan terkait tidur yang menyerang sekitar 20 juta orang, khususnya saat hamil.

3. Makan saat tidur (sleep eating)

Jika Anda mengalami pertambahan berat badan dan menemukan dapur dalam keadaan kacau di pagi hari, berkonsultasilah dengan dokter mengenai kemungkinan Anda mengalami gangguan makan saat tidur. Makan dalam tertidur biasanya dikenal masyarakat Indonesia sebagai ” ngelindur “.

4. Menopause

Ketika anda akan memasuki atau mendekati masa menopause, anda akan mengalami susah tidur, hal ini disebabkan karena adanya penurunan dan perubahan hormon tubuh seiring dengan usia yang semakin bertambah dan kondisi kesehatan. Menurut sebuah survei dari National Sleep Foundation, saat perempuan berhenti menstruasi (antara usia 45 dan 51), sekitar 61% melaporkan tidak bisa tidur atau tidak bisa tetap tertidur selama beberapa malam dalam seminggu.

5. Narcolepsy

Kelainan genetik yang mencegah tubuh menyerap atau memproduksi hypocretin dalam jumlah cukup. Orang-orang dengan gangguan ini sering jatuh tertidur berulang-ulang sepanjang siang hari dan kebalikannya sering terbangun sepanjang malam.

6. Kaki capek

Kaki mempunyai banyak urat syaraf dan otot sendi yang berhubungan langsung sendi di setiap jaringan tubuh. Bila kaki merasa capek, lelah. Kaki akan merespon tubuh lainnya sehingga ikut merasa lelah. Pada kaki biasanya sering kesemutan, nyeri, pegal dari telapak kaki hingga paha. Hal ini juga dapat menyebabkan anda susah tidur bila kaki masih dalam keadaan capek, sakit atau nyeri. Kenali gejala tersebut kemungkinan anda mempunyai penyakit asam urat, rematik atau penyakit persendian. Atasi dengan segera dan konsultasikan ke dokter.

7. Faktor fisik seperti karena sedang sakit pilek, asma, sinus, batuk dan lain-lain.

8. Faktor lingkungan, seperti saluran air disekitar rumah menimbulkan bau tak sedap, polusi udara, suara bising, lingkungan sosial yang kurang nyaman.

9. Faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman keras, obat kuat yang menimbulkan efek samping negatif, dsb

10. Faktor psikologis yaitu sering merasa stress, takut akan suatu hal

11. Faktor prikiatris akibat rasa depresi yang dialami seseorang.

12. Jika pada anak balita, biasanya karena hal rasa lapar, haus, suhu di ruangan terlalu dingin atau panas dan sedang sakit

13. Efek samping dari obat -obatan dokter yang dikonsumsi. Obat – obatan dokter pasti memiliki samping pada organ tubuh semisal mengkonsumsi obat- obatan dari dokter akan merusak kerja ginjal, membuat saluran air kemih tersumbat sehingga memperlambat keluarnya air kemih, tuli pada telinga, penurunan kerja organ tubuh seperti kurang peka atau merespon pada suatu hal dsb.


=====================================

>>>Kapsul Herbal Obat Tidur Q-Sleep Ampuh Dan Bekerja Efektif Mengatasi Penyakit Gangguan Susah Tidur Malam Hari, Mengatasi Sulit Tidur. Tidur Jadi Lelap, Mudah Dan Nyenyak! Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Susah Tidur and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>