Penyebab Susah Tidur pada Lansia

Penyebab Susah Tidur pada Lansia – Penyebab susah tidur pada lansia harus dilihat dengan komprehensif. Jika memang terjadi suatu penyimpangan dari pola normal mereka kemudian menyebabkan terjadinya suatu gangguan pada kehidupan mereka di keesokan harinya, maka bisa dikatakan bahwa mereka mengalami masalah susah tidur. Pola tidur yang berhubungan erat dengan kebiasaan sehari-hari. Misalnya adalah pekerjaan pada seorang lansia hingga ia berusia 50 tahun adalah melakukan shift malam, sehingga pada pola tidurnya juga sudah terbentuk dan juga tidak akan mudah dalam membalikkannya lagi.

Penyebab Susah Tidur pada Lansia

Yang bisa menghambat penyebab susah tidur pada lansia adalah karena mindset bahwa saya tidak bisa tidur. Dan jika tidak bisa tidur tengah malam, maka sebaiknya berpiirlah positif. Salah satunya adalah dengan melakukan shlat malam, dan juga membaca buku atau juga melakukankegiatan produktif yang lainnya. Sebaiknya jangan dilawan dengan melakukan pikiran negatif, misalnya adalah khawatir esok pagi kepalanya terasa pusing kepala. Hal ini akan sangat mempengaruhi keadaan menjadi semakin buruk.

Susah Tidur pada Lansia

Penyebab Susah Tidur pada Lansia

Untuk membantu memperbaiki mindeset tadi, maka sebaiknya lakukan metode otohipnosis. Dimulai dari bangun tidur, katakan didalam hati Anda bahwa malam ini Anda akan tidur nyenyak. Dan pemikiran tersebut ditanamkan sejak bangun dan harus diulangi sepanjang hari. Hal ini merupakan salah satu hal yang efektif. Sebaiknya dalam mengatasi penyebab susah tidur pada lansia adalah dengan tidak mengonsumsi obat tidur, karena efek samping yang ditimbulkan sangat berbahaya misalnya adalah seperti keliyengan atau juga membuat daya ingat menjadi menurun, dan mengalami ketergantungan.

Yang membutuhkan obat tidur adalah mereka yang mengalami masalah penyakit insomnia primer, yakni adalah mereka yang tidak memiliki penyakit mendasari terjadinya insomnia. Dan untuk penderita insomnia sekunder, jika penyebab susah tidur pada lansia adalah akibat depresi, maka obat yang harus diberikan adalah obat antidepresan. Jika penyebab susah tidur pada lansia adalah karena nyeri, maka obat yang diberikan adalah obat antinyeri. Relaksasi yang dilakukan juga bisa membantu, misalnya adalah dengan melakukan dzikir, mendengarkan musik, atau juga air hangat dan melakukan senam ringan. Intinya adalah lakukan hal yang bisa menghantar seseorang masuk dari gelombang yang siap siaga pada gelomban alfa. Kemudian masuk menuju tidur yang lebih dalam atau delta. Gelombang otaknya juga bisa ditenangkan.

Penyebab Susah Tidur pada Lansia Faktor Mental

Selain akibat dari penyebab faktor mental misalnya seperti terjadinya kecemasan atau juga depresi, gangguan susah tidur bisa juga diakibatkan oleh rasa sakit, nyeri dan juga sesak yang muncul. Walaupun demikian, gangguan susah tidur yang terjadi sangat serius sebenarnya tidak terjadi terlalu banyak. Dan dari pengamatan ini, yang biasanya banyak terjadi pada usia lanjut adalah gangguan tidur yang disebabkan karena kecemasan, akibat memikirkan anakya yang belum pulang padahal waktu menunjukkan sudah larut.

Penyebab Susah Tidur Pada Lansia

Penyebab Susah Tidur Pada Lansia

Dampak yang terjadi biasanya mirip seperti mesin yang bisa terus bekerja, dan juga tubuhnya yang mengalami kurang tidur akan kurang beristirahat dan tidak fit. Selain itu penderita pada gangguan tidur juga akan lebih mudah menjadi sensitif dan lebih cepat marah. Jika sudah begini, beraa dari jenis terapi tetap bisa dikombinasikan, misalnya adalah seperti obat-obatan, psikoterapi, otohipnosis, dan juga melakukan relaksasi.

Pastikan bahwa sleep hygiene atau juga kesehatan tidur juga perlu dilakukan. Yakni adalah tidak boleh pergi di waktu tidur dalam keadaan sedang lapar atau juga sedang kekenyangan. Buat juga seperti ritme, yakni adalah pergi tidur dalam waktu yang sama setiap harinya. Ia juga menyarankan supaya tidak menaruh barang-barang yang bisa merangsang otak di tempat tidur, dan sebaiknya pasanglah lampu dengan pencahayaan yang cocok dengan kebutuhan. Yang tidak kalah penting adalah melakukan aktivitas fisik di siang hari dan kemudian biarkan utbuh terpapar sinar matahari. Walaupun sudah lansia, Anda harus tetap melakukan aktivitas dan cukup bergerak. Sebaiknya berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit juga sangat efektif atau juga melakukan olahraga ringan sebelum tidur.

Makanan untuk Penderita Susah Tidur

Dibawah ini beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi masalah susah tidur adalah :

Kacang-kacangan

Kandungan vitamin B yang ada didalam kacang-kacangan bisa membantu dalam menenangkan sistem saraf. Sehingga bisa membuat tidur menjadi semakin cepat.

Susu hangat

kandungan triptofan, asam amino dan juga kalsium yang bisa memberikan efek untuk menenangkan pikiran dan bisa memudahkan otak dalam memberikan perintah untuk tidur.

Madu Murni

Glukosa yang terkanduung didalam madu bisa membantu dalam merangsang otak untuk bisa mematikan orexin. Orexin merupakan salah satu jenis neurotransmitter yang berhubuungan erat dengan sikap kewaspadaan.

Popcorn

Makanan popcorn bisa membantu dalam merangsang hormon serotonin untuk bisa menginduksi neurotransmitter otak agar lebih rileks yang bisa membantu dalam merasang seseorang supaya cepat tidur. Namun sebaiknya hindari jenis popcorn yang terbuat dari mentega atau juga minyak.

Almond

jenis kacang ini merupakan kacang dengan kandungan magnesium yang tinggi yang bisa membantu dalam merangsang otot agar lebih rileks dan bisa lebih mudah tidur.
Penyebab Susah Tidur Pada Lansia

Penyebab Susah Tidur pada Lansia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in susah tidur and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *